Tuesday, May 5, 2020

MENASEHATI DIRI

Bismillahirahmanirrahim,

Dear diri,
Jika ada seorang hamba yang paling patut menerima nasehat ialah dirimu sendiri.

Dear diri,
Jikalau bukan karena Allah, apalah arti dirimu, mengingat segala daya & kemampuan berupaya datangnya dari Allah, Tuhan yang Maha Perkasa lagi kuasa atas segala sesuatu.

Dear diri,
Jangan pernah dirimu merasa lebih baik dari siapapun, karena baik-buruknya seorang hamba, Allah yang kuasa menilai & mengetahui seutuhnya. Jangan pula dirimu meremehkan kemampuan seseorang, mengingat dirimu pun penuh dengan banyak kekurangan.

Dear diri,
Jangan bumbui apa yang ada pada dirimu dengan kesombongan, karena sesungguhnya dirimu tak memiliki apapun untuk disombongkan. Ingat ! Milik Allah lah apa yang ada di langit & dibumi.

Dear diri,
Hiasi hatimu dengan syukur, jangan pernah iri apalagi dengki dengan rezeki hamba Allah yang lainnya. Karena takaran rezeki sudah Allah atur sesuai jatahnya, sungguh Allah maha mengetahui maksud atas segala sesuatu.

Dear diri,
Cukuplah menaruh harap kepada Allah sang pengendali kehidupan, karena menaruh harap pada mahluk rentan membuat kecewa.

Dear diri,
Jangan bangga karena perbuatan baik & keistiqomahanmu, tapi banggalah karena Allah telah memberikanmu rahmat hingga menggiring pada jalan yang Allah ridhoi.

Dear diri,
Teruslah belajar, perkaya dirimu dengan ilmu sebab ilmu dapat menyelamatkan mu di dunia sampai ke akhirat.

Dear diri,
Bijaklah dalam mempergunakan waktumu sebab waktu tak akan pernah terulang kembali.

Dear diri,
Jadikan doamu sebagai perwujudan ibadah bukan sebagai sarana ketidaksadaranmu mengatur Allah.

Dear diri,
Teruslah bermuhasabah, kembali periksa postingan-postingan mu di media sosial, karena bisa jadi banyak diantaranya hanya mengandung nilai narsisme yang tak mengandung manfaat setitik pun.

Dear diri,
Jangan perdulikan bagaimana sikap tidak baik seseorang terhadapmu, perdulikan & perbaikilah selalu sikap mu terhadap orang lain.

Dear diri,
Ingatlah selalu kebaikan orang lain, dan balas lah dengan kebaikan yang lebih banyak.

Dear diri,
Janganlah merasa rugi untuk bersedekah, karena dari setiap rezeki yang Allah jatahkan ada hak orang lain didalamnya.

Dear diri,
Mudahlah untuk memaafkan dan sulitlah untuk marah terhadap siapapun.

Dear diri,
Hindarkan dirimu dari segala macam kekhawatiran tentang dunia, karena dunia ini tidak kekal, nikmatnya tidak abadi & jangan sampai kekhawatiranmu secara tidak sengaja mencerminkan ketidakpercayaan atas Ke-Maha-an Allah. Namun ingat, tetaplah berupaya & bergerak karena berserah bukan berarti berdiam diri.

Dear diri,
Senyumlah selalu, pasang wajah penuh kebahagiaan & kehangatan terhadap sesama.

Dear diri,
Perbaiki khusyu-mu dalam shalat, curigai setiap niatmu, karena bisa jadi selama ini dirimu shalat dalam kondisi tak ingat kepada Allah. (Astagfirullah)

Dear diri,
Niatkan ibadah pada setiap apa yang dirimu kerjakan & kenakan.

Dear diri,
Sabar & ikhlaslah dalam beribadah, karena bisa jadi nilai pahalamu ada pada kesabaran dalam melaksanakan ibadah tersebut.

Dear diri,
Terkadang rencana mempunyai ending yang tak sesuai harap, namun tanamkan dalam hati bahwa rencana Allah yang paling baik. Sungguh hikmah itu pasti ada pada setiap alur kehidupan yang dihadapi.

Dear diri,
Jangan pernah dirimu merasa sudah menjadi seorang hamba yang baik di hadapan Allah atau mahluk, karena bisa jadi itu tipu daya syetan untuk melemahkan hijrahmu. Ingat, seorang hamba yang baik tak pernah merasa bahwa dirinya sudah menjadi baik.

Alhamdulillahirabbil alamin,
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

[benjou/ria]

No comments:

Post a Comment