Tuesday, April 28, 2020

OFF IBADAH DIBULAN RAMADHAN KARENA HAID 😱 ?

Bismillahirahmanirrahim,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Gema puji & syukur atas curahan nikmat yang tak terhingga dari sang empunya kehidupan, yaitu Allah Azza Wa Jalla, serta shalawat sekaligus salam teruntuk kekasih-Nya yaitu baginda Nabi besar Muhammad Shalallahu alaihi wassalam, semoga senantiasa mengalir dari kita sekalian, agar kelak di yaumil akhir, kita termasuk kedalam manusia yang Allah ridhoi mendapatkan syafaatnya. (Aamiiin)

Sahabat benjou,
Gimana nih kabarnya ?
Semoga sehat paripurna baik dzohir & batinnya ya :) (Aamiiin)

Alhamdulillah,
Hari ini merupakan hari ke-5 puasa kita di bulan ramadhan 1441 H. Alhamdulillah Allah kuatkan kita untuk sampai di hari ke-5 ini, dan tentu kita selalu berharap Allah mentakdirkan kita untuk secara penuh mengisi hari-hari di bulan ramadhan ini dengan ibadah-ibadah yang mempunyai nilai dihadapanNYA. (Aamiiin)

Sahabat benjou,
Sebagai hamba Allah yang sedang berusaha menjadi lebih dekat dengan-NYA, apalagi dibulan penuh rahmat ini (Ramadhan). Tentunya kita berharap dapat melakukan ibadah-ibadah yang dianjurkan, seperti puasa wajib, sholat sunah taraweh, membaca & mentaddaburi alquran, dan ibadah lainnya secara penuh.

Namun sebagai wanita, ada saatnya kita diberi masa tenggang untuk tidak dapat melakukan ibadah demikian. Dimana setiap bulannya kita diberikan keistimewaan oleh Allah untuk menghadapi masa yang disebut sebagai masa menstruasi.

Apa itu menstruasi ?
Menstruasi atau haid atau kadang juga disebut sebagai datang bulan adalah perdarahan uterus secara periodik dan merupakan siklus yang normal terjadi pada wanita yang telah puber, proses ini pun terjadi dengan disertai pelepasan endometrium. Umumnya durasi siklus menstruasi yaitu 28-35 hari, dengan lama 4 hingga 6 hari, dimana jumlah darah yang keluar rata-rata sebanyak 20-60 ml.
Sumber: Klik disini

Nah, oleh karena saat wanita menstruasi menandakan bahwa wanita sedang berhadas besar, dimana kita tidak cukup syarat untuk melakukan ibadah-ibadah diatas maka kita dilarang untuk melakukannya.

Lalu, apakah itu menandakan kita OFF IBADAH DIBULAN RAMADHAN INI KARENA HAID😱 ?
Jawabannya, OF COURSE NO😊 !
Tentu tidak.

Saat menghadapi masa menstruasi, pada hakihatnya, ketika kita tidak melakukan ibadah-ibadah yang dilarang Allah karena sedang berhadas besar dan tidak cukup syarat untuk melakukannya, justru saat itulah kita sedang BERIBADAH kepada Allah. Menyoal bahwa esensi ibadah itu sendiri ialah perbuatan untuk menyatakan bakti kepada Allah, yang didasari ketaatan mengerjakan perintahNYA dan menjauhi LaranganNYA (KBBI).

Jadi, Ibadah tidak hanya perintah untuk melakukan, tapi juga larangan untuk tidak melakukan karena sesuatu hal, dalam hal ini menstruasi :)

Eits, tapi semua harus kembali kepada niat ya 😊 ... Karena setiap amalan itu tergantung pada niatnya (Innama a'malu bi niyath).
Ketika kita tidak shalat, puasa, baca quran langsung pada mushaf, karena memang sedang berhadas besar dan kita melakukan itu sebagai wujud ketaqwaan kita kepada Tuhan kita, yaitu Allah ... maka insya Allah kita akan mendapat pahala ibadah dihadapan Allah :)

Lalu apakah kita hanya bisa berdiam diri saat menstruasi dengan tidak sholat, puasa & membaca quran menggunakan mushaf ? Tentu jawabannya pun tidak. Berdasarkan hasil bertanya kepada guru mengaji, ternyata kita tetap bisa melakukan ritual ibadah yang insya Allah akan mengalir pahala dari Allah selain dari tidak melakukan sholat, puasa & baca alquran dengan mushaf tersebut loh.

Apasaja ibadah / amalannya ?
Diantara ibadah / amalan yang dapat dilakukan itu yaitu ; Berdzikir menyebut asma Allah, bershalawat, beristigfar, menghapal alquran dengan tidak memegang mushaf (niatkan untuk belajar & berdzikir), bersedekah, membantu sesama dll.

Jadi, kesimpulanya tidak ada istilah off beribadah ketika haid. Karena istilah ibadah tidak hanya mengacu pada satu hal tertentu saja. Melainkan kepada banyak hal ! Ketika kita bsyukur, tersenyum ramah kepada sesama, meringankan pekerjaan rumah orangtua, insya Allah itupun ibadah :)

Sahabat benjou,
Demikian celotehan si benjou edisi 28 april 2020 ini, Mohon maaf atas segala kekurangan yang hadir dalam setiap untaian kata-kata diatas. Semoga ada hal baik yang dapat diambil & diterapkan dalam menjalankan tugas kehambaan kita kepada Allah, terkhusus untuk diri ini sendiri yang masih dalam tahap belajar dan sangat jauh dari sempurna.

Semangat selalu,
Semoga Allah mentakdirkan kita ke dalam golongan manusia yang selamat dunia & akhirat.

Aamiiin Ya Rabbal Alamin,

Sekian,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ! 

No comments:

Post a Comment