Tuesday, November 17, 2015

KALIBIRU

(what a beautiful place)


Sumber : Dokumen Pribadi
Sumber : Dokumen Pribadi
Yep, lets to talking about “KALIBIRU”.
Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Kalibiru merupakan hutan wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat. Tempat tersebut dilengkapi dengan jalur tracking, gardu pandang, camping ground, homestay, dan fasilitas outbond dengan suguhan landscap berupa ‘Perbukitan Menoreh’ yang menghijau serta panorama ‘Waduk Sermo’.

Rute menuju Kalibiru cukup menanjak dan unpredictable, jadi sangat disarankan untuk membawa orang yang memang sudah berpengalaman melalui rute tersebut (minimal sebagai penunjuk rute dan medan jalan). Selain itu, bagi wisatawan yang membawa kendaraan sendiri baik mobil ataupun motor haruslah yang memang sudah handal dalam berkendara, mengingat rute dan medan yang akan dilalui cukup menanjak dan licin jika turun hujan. Pastikan juga rem kendaraan berfungsi dengan sangat baik.  

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keasrian dan keindahan alam di Kalibiru cukup membayar tiket masuk Rp. 3000 saja (update juni 2015). Dan untuk biaya parkir motor yaitu Rp. 2000, sedangkan mobil Rp. 5000.

Jika sudah menginjakan kaki di Kalibiru haruslah menaiki gardu pandang yang menjadi post favorite para wisatawan. Melalui gardu pandang tersebut dapat terlihat view berupa hijaunya hutan dan Perbukitan Menoreh, birunya langit serta damainya aliran Waduk Sermo. Gardu pandang juga menjadi spot berphoto yang sangat ciamik, jika tidak mendapatkan photo diatas gardu pandang maka akan ada rasa yang kurang lengkap. Bahkan motivasi utama wisatawan pergi ke Kalibiru lebih banyak adalah untuk berphoto diatas gardu pandang dengan view yang sudah iconic dengan Kalibiru itu. FYI, untuk kenyamanan bersama dan alasan keselamatan, setiap pengunjung yang ingin berfoto di tempat tersebut diharuskan membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000. Selain itu, kapasitas maksimal orang yang bisa menaiki gardu pandang hanyalah 2 orang saja, mengingat gardu pandang tersebut memang terbuat dari kayu dengan tiang penyangga alami dari pohon.[ria] 




No comments:

Post a Comment