Friday, April 24, 2020

MARHABAN YA RAMADHAN 1441 H

Bismillahirahmanirrahim,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh !

Alhamdulillah,
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam,
Yang tak henti-hentinya memberikan limpahan nikmat & rahmat bagi kita sekalian.

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah bagi Baginda Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, dan semoga turut mengalir pula rahmat bagi keluarganya, para sahabatnya, tabiin & tabi'utnya serta sampai pula kepada kita selaku umatnya. (Aamiiin Ya Rabb).

Alhamdulillah ...

Marhaban Ya Ramadhan,
Marhaban Ya Syahrosh-Shiyam,

Selamat datang bulan Ramadhan,
Bulannya para muslim untuk beribadah puasa wajib. Bulan penuh ampunan & keberkahan pada setiap amalan yang dilakukan.

Sahabat benjou yang semoga selalu dalam lindungan & kucuran rahmat Allah.
Alhamdulillah tidak terasa kita telah memasuki kembali bulan ramadhan, bulan istimewa bagi mereka yang dapat mengisinya dengan baik.

Tentu kita patut berterimakasih & bersyukur penuh kepada sang pemilik kehidupan yaitu Allah Subhanahu Wa Ta'ala, karena ditakdirnya kita kembali memasuki bulan ramadhan ini merupakan diantara dari banyak nikmat-Nya kepada kita sekalian. Sekaligus momentum pemberian kesempatan kepada kita agar menanam amal lebih banyak lagi untuk kehidupan kekal alam akhirat.

Nyatanya, sebanyak apapun kita beramal tentu tak akan mampu membayar nikmat yang Allah alirkan selalu untuk kita. Dan terasa pula berat untuk membayar tiket surga-Nya.

Meski demikian, selaku hamba-Nya kita tidak diperkenankan untuk berputus harap. Allah memerintahkan kita untuk selalu berdoa dan berikhtiar dengan kesungguhan penuh. Dan diantara doa yang baik yaitu doa memohon rahmat dari-Nya. Oleh sebab itu, marilah kita selalu meminta dengan hati yang lembut & ikhlas untuk memohon rahmatNya, agar Allah senantiasa ridho terhadap setiap amalan kita, dan menjadikan amal itu bernilai dihadapanNya. (Aamiiin Illahi Aamiiin)

Sahabat benjou yang semoga selalu diberikan iman & imun yang sehat oleh Allah,
Hari ini merupakan hari pertama puasa kita di bulan ramadhan 1441 H, yang kebetulan jatuh pada hari jumat 24 april 2020 masehi. Terdapat suasana yang berbeda memang dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada tahun ini kita sedang dihadapkan pada kondisi pandemic Covid-19 ( corona virus disease 2019), yang mengharuskan kita mematuhi peraturan-peraturan tertentu demi memutus mata rantai virus ini.

Tanpa menjabarkan lagi apa saja aturan itu, Apakah kita perlu mematuhinya ? ...
Kalo menurutku, perlu !
Mengingat ini demi kemashlahatan kita semua, dimana kita tidak berbicara tentang diri kita sendiri, tapi juga tentang orang lain.

Sedih ?
Tentu sedih,
Tidak bisa melaksanakan sholat sunah taraweh secara berjamaah di masjid, tidak bisa mudik, tidak bisa bersosialisasi secara langsung bersama sahabat ataupun kerabat, bahkan ada sebagian saudara-saudara kita yang merasakan imbas berupa pemutusan kerja, kehilangan banyak keuntungan dari usaha yang dijalankan dan masih banyak lagi.

Meski demikian,
Kita harus meyakini bahwa banyak hikmah dari kejadian yang saat ini sedang menimpa negeri kita & negeri-negeri lainnya. Diantara hikmah yang bisa kita dapat yaitu, kita bisa semakin menghargai & menjaga kesehatan, menghargai nikmat terdahulu yang sementara ini belum bisa kita rasakan, lebih mempunyai waktu banyak untuk bonding/beribadah dengan keluarga dirumah, dan masih banyak yang lainnya. Bahkan jika kita merenung sejenak, bahwa apa yang terjadi saat ini tak setimpal dengan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita di hari-hari sebelum pandemic covid-19 ini terjadi. Bahkan saat pandemic ini terjadi pun, Allah masih memberikan hujan nikmat lain kepada kita semua.

Apa kita harus tetap bersyukur saat dalam kondisi seperti ini ?
WAJIB ! HARUS !
Ideal bagaimanapun kondisinya, Kita patut bersyukur sebagai wujud terimakasih kita kepada sang khaliq karena kita ditakdirkan sebagai pemeluk agama islam, kita masih diberikan umur dan menjalankan ibadah dibulan ramadhan, kita masih bisa membuka mata dalam keadaan baik, kita masih bisa melihat matahari terbit dari timur, dan masih banyak lagi hal yang sangat harus kita syukuri.
Insya Allah Dengan banyak bersyukur dalam hal sekecil apapun, kita tidak akan mempunyai ruang untuk berkeluh kesah.

Kalaupun secara tersirat atau bahkan tak tersadari kita telah berkeluh kesah, semoga Allah segera sadarkan dan membimbing kita pada sikap yang Allah ridhoi. ( Aamiiin )

Demikian celotehan si benjou di awal ramadhan ini, semoga Allah senantiasa membimbing hati kita agar tetap terikat denganNya. Dan, Semoga Allah sempurnakan ibadah kita dibulan suci ini, sehingga setelah melewatinya kita dapat menjadi hamba Allah dengan iman yang lebih berkualitas. Adapun nasehat diatas terkhusus dipersembahkan untuk diri ini sendiri yang masih banyak ketidaksempurnaan dalam menjadi hamba-Nya. Mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan diantara untaian kata-kata diatas.

Tetap semangat,
Tetap sehat ... Insya Allah kita bisa melalui ini semua.


Sekian,

Wabillahi taufik wal hidayah,
Wa ridho wal innayah,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment